Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Pertanyaan:
 
Hukum Kakak Beradik Bekerja Satu Kantor

Selamat sore Terapi Oksidan, apakah kakak beradik di perusahaan tempat saya bekerja. Apakah boleh kakak beradik bekerja dalam satu ruangan di sebuah perusahaan yang sama? Mohon penjelasannya.
Pengirim: +6281361090xxx

Jawaban:
 
Bekerja Dalam Satu Kantor Sah-sah Saja

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Pada dasarnya tidak ada peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai boleh tidaknya kaka beradik bekerja di tempat yang sama. Akan tetapi, undang-undang di bidang ketenagakerjaan memberikan kebebasan kepada perusahaan untuk mengatur mengenai hal tersebut. Hal ini sebagaimana yang diatur dalam pasal 153 ayat (1) huruf f Undang-undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UU Ketenagakerjaan).
 
Pasal 153 menegaskan pengusaha dilarang melakukan pemutusan hubungan kerja dengan alasan pekerja atau buruh memiliki pertalian darah atau ikatan perkawinan dengan pekerja atau buruh lainnya di dalam satu perusahaan. Kecuali telah diatur dalam perjanjian kerja (PK), peraturan perusahaan (PP), atau perjanjian kerja bersama (PKB). Maka dari kenyataan yang ada, Anda harus melihat ketentuan itu.
 
Artinya perlu melihat kembali dalam isi perjanjian kerja (PK), peraturan perusahaan (PP), atau perjanjian kerja bersama (PKB) perusahaan tempat di mana Anda bekerja. Jika di dalam PK, PP, atau PKB terdapat aturan yang melarang kakak beradik bekerja pada perusahaan yang sama, maka ketentuan itu mengikat para pekerja di perusahaan tersebut. Hal ini sesuai dengan penjabaran dari pasal 1338 Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPer) yang berbunyi;
 
Semua persetujuan yang dibuat sesuai dengan undang-undang berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya. Persetujuan itu tidak dapat ditarik kembali selain dengan kesepakatan kedua belah pihak atau karena alasan-alasan yang ditentukan oleh undang-undang. Dalam penerbitan persetujuan ini, persetujuan dilaksanakan dengan musyawarah, itikad baik, dan tidak melanggar peraturan perundangan yang lainnya. Demikian jawaban dari kami.
 
Jumardi, SH
Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan Disnaker Batam

Bekam Ruqyah Indonesia - Bengkel Manusia Indonesia

BekamRuqyah.Com  | Pengobatan Diabetes, Ginjal, Jantung, Non Medis (Gangguan Sihiri/Iblis/Jin/Setan) | Ar Ruq'yah An Nubuwwah Klik: www.ruqyah.or.id | Konsultasi & Terapi (+62) 813-2871-2147 | Email: info@terapioksidans.com | Pusat: Anggrek Sari Batam Kepri Indonesia | Branch: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi | Reservasi: Daftar Pasien Online | Melayani Panggilan Khusus Antarkota, Dalam & Luar Provinsi, Luar Negeri | Menerima Pasien Rawat Inap dari Dalam & Luar Negeri | Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda: “Apabila anak Adam itu mati maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara; (1) sedekah jariyah, (2) ilmu pengetahuan yang dimanfaatkan, (3) dan anak saleh yang mendoakan orang tuanya (HR. Muslim)” Donasi Amal & Sedekah Jariyyah Rek. BCA 579-0159-154 | Baca Penjelasan: Bekam Itu Sayatan dan Bukan Tusukan...! | Baca Ulasan: Bekam Jarum Menyelisihi Dalil...!

Ad Sidebar
Our website is protected by DMC Firewall!